Fakta Menarik Julen Lopetegui, Pelatih Baru Timnas Spanyol

Fakta Menarik Julen Lopetegui, Pelatih Baru Timnas Spanyol

fakta-menarik-julen-lopetegui-pelatih-baru-timnas-spanyol-ZDH

Agen Bola Online- Timnas Spanyol akhirnya resmi mengangkat pelatih baru sepeninggal Vicente Del Bosque. Uniknya, federasi sepakbola setempat menunjuk sosok tak terduga, Julen Lopetegui, sebagai suksesor.

“RFEF resmi mengangkat Julen Lopetegui sebagai pelatih baru timnas Spanyol,” tulis pernyataan resmi Asosiasi Sepakbola Spanyol, Jumat (21/7/2016) waktu setempat.

Lopetegui memang tak asing melatih pada level timnas. Dia sempat menjadi pelatih Spanyol di jenjang usia 19, 20, dan 21, namun reputasinya di timnas senior belum teruji.

Pelatih 49 tahun dikenal sebagai manajer Porto yang dekat dengan sosok pemain-pemain muda. Selama dua tahun melatih klub Portugal itu, dia gagal menyumbang trofi.

Namun di balik cerita tersebut, Lopetegui terbilang sukses di level timnas junior. Pada 2012 ia menjuarai Piala Eropa U-19 dan setahun kemudian menjadi kampiun pada Piala Eropa U-21.

Baca Juga=Gak Puas Puasa Gelar, Kiper Inter Milan Obral Diri

Berikut fakta menarik pelatih baru Spanyol
Sebelum melatih, dia menjadi kiper dan pernah merasakan bermain untuk Real Madrid dan Barcelona. Kariernya sebagai pemain banyak dihabiskan di Rayo Vallecano yang ia perkuat 112 kali.
Ia terbilang sukses sebagai pelatih junior timnas Spanyol. Pada 2012 ia menjuarai Piala Eropa U-19 dan setahun kemudian menjadi kampiun pada Piala Eropa U-21.
Dua tahun menjadi pelatih klub Portugal FC Porto, ia gagal mempersemabahkan trofi. Torehan terbaiknya membawa klub itu ke perempat final Liga Champions.
Ia menjanjikan evolusi, bukannya revolusi di timnas Spanyol. “Kami akan mencoba meraih kembali segenap prestasi hebat yang diraih Spanyol dalam beberapa tahun terakhir,” katanya.
Ia dianggap pilihan tepat oleh Vicente del Bosque. “Saya sangat menyukai keputusan yang diambil presiden (RFEF). Saya tadinya tidak tahu siapa yang akan mereka pilih, tapi mereka membuat keputusan yang bagus,”