Asprov PSSI Sulut Sambut Gembira Kongres PSSI di Makassar

Asprov PSSI Sulut Sambut Gembira Kongres PSSI di Makassar

asprov-pssi-sulut-sambut-gembira-kongres-pssi-di-makassar-693

Agen Bola Online – Komunitas dan Assosiasi Sepak bola Sulawesi Utara mendukung dan menyambut gembira Kongres Biasa (Pemilihan) PSSI digelar pada 17 Oktober mendatang di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Agenda pada kongres tersebut untuk memilih ketum, waketum, dan Komite Eksekutif (Exco).

Ketua Asosiasi Sepak Bola Provinsi (ASPROV) Sulawesi Utara (Sulut), Jackson Andre William Kumaat mengaku optimis, Makassar akan sukses menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan Konggres PSSI. Karena merupakan salah satu kota yang memiliki sejarah sepak bola dan animo masyarakat terhadap sepak bola yang sangat tinggi.

“Kami dukung penuh Makassar sebagai tuan rumah. Yakin sukses sebagai Kota bola dan fanatik terhadap sepak bola nasional,” tegas Jackson.

Makassar menurutnya, akan menandai kebangkitan sepak bola Indonesia pada 17 Oktober mendatang. Dalam kongres nanti, sebanyak 107 suara dukungan akan diperebutkan oleh calon ketua umum. “Semua pemilik suara memiliki hak yang sama dan tidak ada yang dibeda-bedakan,” katanya.

Sebelumnya, PSSI telah mengumumkan sejumlah tahapan menjelang Kongres Luar Biasa (KLB) yang bertujuan memilih ketua umum (ketum), wakil ketua umum (waketum), dan komite eksekutif (exco).

Pada (11/8), Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Hinca Panjaitan, menyatakan bahwa KLB PSSI bakal digelar pada 17 Oktober 2016 di Makassar. “Untuk tanggal, KLB dengan agenda pemilihan ketum, waketum, dan exco sudah ditetapkan pada KLB sebelumnya. Lalu KLB PSSI selanjutnya berlangsung di Makassar, tepatnya Hotel Novotel, Grand Shayla,” kata Hinca.

Untuk para bakal calon yang ingin maju ke pemilihan, Komite Pemilihan (KP) membuka pendaftaran dari 22 Agustus sampai 5 September 2016. Setelah tahapan awal ini, Komite Pemilihan melakukan verifikasi selama seminggu dari 5 September sampai 11 September 2016.

Sedangkan untuk pendaftaran calon, Hinca menyebutkan dilakukan di kantor Yayasan Pimpinan Pusat Pepabri, Jalan Diponegoro 53, Menteng, Jakarta Pusat. Setelah tahap verifikasi selesai, hasilnya akan diumumkan pada 11 September 2016. Baru pada 12-16 September 2016, Komite Banding Pemilihan (KBP) akan mulai bekerja jika ada calon yang mengajukan banding.

Baca Juga =Babak Pertama: Gol Salto Hull City Bikin Leicester Gigit Jari

Rapat hasil banding penentuan dilakukan pada 17 dan 18 September 2016. PSSI kemudian secara resmi mengumumkan semua calon yang akan bertarung di KLB pada 19 September 2016. Dari 19 September sampai 17 Oktober, semua calon bisa berkampanye. Akan tetapi, PSSI juga akan menggelar dialog semacam adu visi misi.