Busquets Satu-satunya Alumnus La Masia yang Tampil Lawan Alaves

Busquets Satu-satunya Alumnus La Masia yang Tampil Lawan Alaves

busquets-satu-satunya-alumnus-la-masia-yang-tampil-lawan-alaves-kgx

Agen Bola Online – Perjudian Pelatih Luis Enrique mengistirahatakan sejumlah pemain bintang lulusan Akademi La Masia berbuah pahit. Barcelona dikalahkan tim promosi Alaves 1-2 di Camp Nou pada jornada 3 La liga Spanyol 2016/2017, Sabtu (10/9/2016).

Dari starting XI Barcelona melawan Alaves, hanya Sergio Busquets lulusan La Masia yang turun sebagai starter. Lionel Messi, Andres Iniesta, dan Jordi Alba duduk di bangku cadangan, sementara Gerard Pique dan Sergi Roberto tidak masuk dalam daftar skuat.

Jordi Masip dan Rafinha juga tidak masuk starter dan duduk di bangku cadangan. Memang, Denis Suarez masuk dalaM starting XI tapi dia tidak bisa dianggap sebagai mantan La Masia karena hanya bermain untuk Barca B, sementara Aleix Vidal di La Masia, menurut Sport.es, itu hanya anekdot.

Atas alasan keletihan setelah pulang dari membela negara dan jelang laga penyisihan grup Liga Champions kontra Celtic di Camp Nou, Selasa (13/9/2016), Enrique merotasi skuatnya secara drastis. Dia menurunkan Vidal, Javier Mascherano, Jeremy Mathieu, dan Lucas Digne di lini belakang. Sedangkan di tengah Busquets berkolaborasi dengan Ivan Rakitic dan Denis Suarez.

Di lini depan Arda Turan, Neymar dan Paco Alcacer sebagai penyerang tengah, dengan penjaga gawang Jasper Cillessen. Namun, Barca tak berkutik dan menyerah 1-2 lewat gol Deyverson pada menit ke-39 dan Ibai Gomez (64), yang hanya dibalas Jeremy Mathieu (47). (Baca juga: Tim Promosi Alaves Tekuk Barcelona di Camp Nou).

Enrique coba memasukkan dua alumni La Masia Lionel Messi dan Andres Iniesta, plus Luis Suarez di babak kedua, namun tidak berhasil menambah gol. Dengan hasil ini Barcelona terlempar ke peringkat 4 dengan nilai enam, sedangkan Real Madrid menguasai klasemen dengan sembilan poin seusai menang 5-2 atas Osasuna.

Menurut Radio Catalunya, belum pernah ada dalam starting XI Barcelona dengan jumlah lulusan La Masia sesedikit ini sejak Barcelona dikalahkan Real Madrid pada semifinal Liga Champions, 23 April 2002.

Baca Juga :Higuain Cetak Dua Gol Cepat, Juventus Tekuk Sassuolo

Saat itu Barca juga kalah 0-2 dari Madrid. Pelatih Charly Rexach yang bertanggung jawab atas kekelahan itu hanya menurunkan Thiago Motta dalam starting XI, yang kemudian digantikan Gabri di akhir laga.

Setelah itu, minimal Barcelona menurunkan dua alumni La Masia dalam setiap laga. Bahkan, pada November 2012, saat itu Pelatih Tito Vilanova menurunkan 11 pemain produk La Masia di lapangan, dan menang 4-0 di Levante.
(sha)