PSSI Hapus Regulasi Pemain U-23 di Liga 1 Mulai Pekan ke-12

Antisipasi Kepergian Reina, Napoli Berminat Datangkan Geronimo Rulli

Berita Bola Online – Jelang berlangsungnya laga pekan ke-12 Liga 1 pada 3 Juni 2017 mendatang, PSSI berencana melakukan perubahan terkait regulasi penggunaan pemain U-23.

Sebelumnya, PSSI mewajibkan setiap klub memasukkan 3 pemain U-23 ke starting line up mereka di setiap pertandingan dengan bermain minimal selama 45 menit. Namun regulasi itu akan dihapus untuk sementara waktu hingga berakhirnya ajang SEA Games 2017 yang akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Kami bukan menghapuskan, tapi hanya menangguhkan regulasi itu. Karena sebenarnya regulasi itu dimaksudkan untuk membantu persiapan timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017,” kata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Baca juga:

Selain itu, Joko juga mengungkapkan bahwa penangguhan regulasi itu untuk memberi keadilan bagi setiap tim yang pemainnya dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia U-22, karena memang pemanggilan pemain U-23 di setiap tim tidak merata.

“Kita tahu bahwa ada klub yang tiga hingga empat pemainnya dipanggil untuk memperkuat timnas U-22, dan kemungkinan klub itu tidak memiliki pemain pengganti yang sepadan dengan pemain yang dipanggil ke timnas,” tegasnya.

Di sisi lain, Tigorshalom Boboy selaku Chief Operation Officer PT LIB juga membenarkan penangguhan regulasi itu. “Iya benar (ditangguhkan). Itu mulai berlaku dari pekan ke-12 hingga 30 Agustus mendatang,” kata Tigor.