Dominasi VAR Saat Liverpool Disingkirkan West Brom

Dominasi VAR Saat Liverpool Disingkirkan West Brom

c01d88a4-780e-4110-991e-ed732b314acc_169

Situ Agen Maxbet Bandar Maxbet Terbaik – Laga Liverpool lawan West Bromwich Albion di Anfield didominasi oleh teknologi pembantu wasit, Video Assistant Referee (VAR), yang berperan dalam sejumlah kejadian penting.

Partai babak keempat Piala FA, 32 besar, tersebut memunculkan West Brom sebagai pemenang saat dijamu Liverpool, Minggu (28/1/2018) dini hari WIB. The Baggies menyingkirkan The Reds dengan skor 3-2.

Dalam pertandingan tersebut, VAR setidaknya sudah membuat Wasit Craig Pawson menganulir gol West Brom, memberi penalti buat Liverpool, dan menunda gol ketiga tim tamu.

Saat West Brom sedang unggul 2-1, tandukan Craig Dawson membuat bola masuk ke dalam gawang Liverpool. Tapi wasit menganulir gol itu, usai memanfaatkan VAR, karena offside.

Setelah itu Pawson kembali harus menggunakan VAR untuk melihat tayangan ulang menyusul klaim penalti dari Liverpool. Ia lalu menunjuk titik putih karena menganggap Mohamed Salah dilanggar Jake Livermore — tapi Roberto Firmino gagal memaksimalkan penalti.

Drama ketiga lewat VAR terjadi menjelang berakhirnya babak pertama. Pawson kembali melongok layar setelah West Brom mencetak gol ketiga untuk mengecek ada offside atau tidak. Kali ini VAR menguntungkan West Brom dan gol itu pun berlaku.

“Ini baru merupakan kali keenam sistem VAR dipergunakan dalam pertandingan yang melibatkan klub Inggris; pengaruhnya sangat terasa di babak pertama tapi penuh kontroversi,” tulis BBC.

Hal itu tidak lepas dari fakta bahwa proses pengecekan dari wasit Pawson membuat durasi pertandingan di babak pertama bertambah sampai sekitar 50 menit.

“Pada ketiga kejadian itu keputusan tepat tampaknya berhasil diambil, tapi kerisauan utamanya adalah jeda saat melihat layar untuk mengambil keputusan-keputusan tersebut,” tutur BBC.