Duel Rp 360 Miliar vs Rp 6,6 Triliun, Saat Wigan Tumbangkan City

Duel Rp 360 Miliar vs Rp 6,6 Triliun, Saat Wigan Tumbangkan City

7ca4b7f2-dcc1-4c02-b0b9-d987b5e08064_169

Situ Agen Maxbet Bandar Maxbet Terbaik – Keberhasilan Wigan Athletic menumbangkan Manchester City di Piala FA merupakan pencapaian dahsyat yang tak bisa disepelekan. Menilik dari segi finansial, misalnya, dengan Wigan tampak seperti semut di hadapan raksasa City.

Satu gol dari Will Grigg di DW Stadium, Selasa (20/2/2018) dini hari WIB, memastikan Wigan melaju ke babak perempatfinal Piala FA dengan kemenangan 1-0 atas City.’

Dengan Wigan kini main di divisi ketiga Inggris sementara City menguasai puncak klasemen Premier League, hasil ini sekaligus menjadi salah satu kisah sukses para “pembunuh raksasa”, yang memang bukan hal asing di Piala FA.

Kisah sukses Wigan atas City ini akan jadi terasa semakin luar biasa jika menilik sejumlah fakta di bawah ini, yang memperlihatkan bahwa The Latics sebenarnya kalah segala-galanya dari The Citizens.

Kalah Statistik Pertandingan

Dalam catatan BBC, Wigan cuma memiliki penguasaan bola sebanyak 17,5%. Bandingkan dengan penguasaan bola City yang mendominasi dengan 82,5%.

Dari penguasaan bola tersebut, City mencatatkan 843 operan (akurasi 90,9%) sepanjang pertandingan. Wigan tak sampai seperlimanya karena cuma bisa mengoper-operkan bola sebanyak 184 kali (akurasi 61,4%).

Sepanjang pertandingan ini Grigg dkk. juga hanya melepaskan empat tembakan. Berapa yang dibuat Sergio Aguero cs? 29, alias tujuh kali lebih banyak.

Baca Juga :Bravo Jadi Kiper City di Final Piala Liga Inggris

Patut diingat pula bahwa sebelum laga ini City baru kalah dua kali di seluruh pertandingannya musim ini; 1-2 atas Shahktar Donetsk di Liga Champions pada bulan Desember dan 3-4 dari Liverpool di Premier League pada bulan Januari.

Artinya, Wigan bukan cuma menjadi tim ketiga yang mampu mengalahkan City musim ini melainkan juga melakukannya tanpa kebobolan alias menjaga clean sheet.

Perkara clean sheet Wigan jadi makin impresif mengingat di seluruh ajang musim ini, cuma Crystal Palace dan Wolverhampton Wanderers yang gawangnya tak bisa dibobol City (di waktu normal plus extra time).

Kalah secara Finansial

Menurut CIES Football Observatory, City memiliki skuat paling mahal di dunia sepakbola saat ini. Saat menghadapi Wigan, starting XI City pun diestimasi mencapai hitungan 349 juta pound sterling (Rp 6,627 triliun). Aymeric Laporte jadi yang termahal dengan 57 juta pound sterling.

Bagaimana dengan Wigan? BBC menyebut starting XI Wigan di laga ini berisi delapan pemain rekrutan free transfer dan satu pemain pinjaman. Sisanya, Grigg menjadi pemain termahal dengan 1,3 juta pound sterling dan Nathan Bryne dengan 531 ribu pound sterling.

Secara keseluruhan, beginilah gambaran finansial kedua tim dari starting XI dalam pertandingan tersebut:

Wigan = 19 juta pound sterling (Rp 360 miliar)
City = 349 juta pound sterling (Rp 6,6 triliun)

Dengan nilai tersebut, nilai starting XI Wigan setidaknya lebih murah 18 kali lipat dari starting XI City ketika kedua tim berhadapan, sampai akhirnya memunculkan hasil di luar dugaan.