Bangku-Bangku Kosong di Santiago Bernabeu

Bangku-Bangku Kosong di Santiago Bernabeu

Situ Agen Maxbet Bandar Maxbet Terbaik – Santiago Bernabeu tak lagi penuh penonton seperti musim-musim sebelumnya. Banyak bangku kosong terlihat di tribun kandang Real Madrid itu saat pertandingan.

Banyaknya kursi kosong di Bernabeu terlihat saat Madrid menjamu Rayo Vallecano di Liga Spanyol akhir pekan kemarin, Minggu (16/12) dini hari WIB. Pada pertandingan itu, Madrid cuma menang 1-0 berkat gol Karim Benzema.

Dilansir oleh AS, hanya ada 55.229 penonton yang datang menyaksikan pertandingan Madrid vs Vallecano di Bernabeu. Angka itu cuma 68% dari kapasitas stadion yang mencapai 81.044 penonton.

Sudah tiga pertandingan beruntun Bernabeu cuma diisi 50 ribuan penonton. Laga melawan Melilla di Copa del Rey dihadiri 55.243 penoton. Sementara saat melawan CSKA Moskow di Liga Champions, yang berakhir dengan kekalahan telak 0-3 untuk Madrid, ‘cuma’ ada 51.636 penonton yang datang ke stadion.

Kedua pertandingan tersebut memang hanya ‘laga formalitas’ untuk Madrid. Namun tren rendahnya jumlah suporter yang datang ke Bernabeu sudah berlangsung sejak awal musim.

Baca Juga :Satu Kata untuk Lionel Messi: Terbaik

Dari 12 pertandingan yang sudah dimainkan di Bernabeu musim ini, hanya tujuh laga yang menarik lebih dari 60 ribu penoton. Laga derby melawan Atletico Madrid pada September lalu jadi satu-satunya pertandingan dengan lebih dari 70 ribu penonton. Pada titik yang sama musim lalu, cuma pertandingan Copa del Rey melawan Fuenlabrada yang didatangi kurang dari 60 ribu penonton.

Menurunnya jumlah penonton di Bernabeu berbarengan dengan kepergian Cristiano Ronaldo. Bintang asal Portugal itu jadi salah satu daya tarik terbesar Bernabeu selama nyaris satu dekade.

Pada pertandingan kandang perdana musim 2018/2019, melawan Getafe di Liga Spanyol, Bernabeu cuma diisi 48.466 penonton. Angka itu jadi yang terendah sejak 24 Mei 2009, tepat sejak pertandingan kandang terakhir sebelum Ronaldo gabung Madrid.

Selama sembilan musim Ronaldo berseragam Madrid, jumlah penonton di Bernabeu tak pernah sesedikit seperti saat melawan Getafe. Itu jadi bukti besarnya pengaruh Ronaldo terhadap minat suporter datang ke Bernabeu.